Batik Di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai pulau,suku budaya, bahasa tradisional, serta kerajinan dari tiap – tiap daerah yang berbeda. Di Indonesia sendiri terdapat seni kerajinan tangan yang begitu di kenal saat ini adalah batik. Sejarah tentang batik adalah saat nenek moyang dahulu kala di bentuk di daun lontar dengan motif yang sangat sederhana sekali. Di suku Jawa ini zaman dulu, batik merupakan suatu simbol yang di gunakan dan di buat untuk para raja – raja, keluarga, serta para pengikutnya. Lalu seiring dengan zaman, kerajinan batik tersebut berkembang dengan berbagai motif, sesuai dengan tempat daerah khususnya suku Jawa, seperti di daerah Cirebon terkenal dengan batik motif mega mendung, Garut terkenal dengan batik garutan, Pekalongan dengan batik pekalongannya, dll.

Batik sendiri terbuat dari tenunan kain, di bentuk motif dengan menggunakan canting, serta malam, semacam pewarna untuk mewarnai motif – motif tersebut. Untuk membuat satu kain utuh di butuhkan waktu yang lama dan membutuhkan ketelitian dalam proses membuatnya. Tak jarang kenapa harga batik tinggi. Namun ada pula membuat batik dengan menggunakan cetakan. Jadi cetakan yang sudah bermotif, di bentuk di atas kain,lalu di proses lagi menggunakan canting. Hal ini baik untuk mengurangi proses pembuatan motif awal menggunakan canting tadi. Bahkan sekarang telah di buat canting elektronik, yang sangat mempermudah sekali dalam membuat batik. Jadi kl menggunakan canting, itu mesti di tiup dahulu dan psti akan malam di canting habis,lalu mengambil lagi di wajan malam. Dengan canting elektronik ini, semua hal itu tidak di temukan lagi.

Dahulu batik hanya di gunakan oleh orang – orang keraton dan abdi dalem, serta dalang dalam pamentasan wayang kulit, wayang orang, wayang golek,dll. Namun ada pula yang menggunakan batik untuk datang ke acara resepsi pernikahan atau acara – acara penting. Ketika batik ini belum popluer di gunakan orang Indonesia secara umum dalam kehidupan sehari – hari, ada negara yang mencoba mengambil alih warisan nenek moyang kita ini. Lalu pemerintah mengklarifikasikan ke dunia bahwa batik itu adalah budaya warisan Indonesia. Saat itu pula orang- orang Indonesia mulai menggunakan batik dalam kehidupan sehari. Seperti sandal jepit batik,jaket batik,kaos,celana pendek,catur,dll. Bahkan kerajinan – kerajinan batik tadi telah di eksport ke luar negeri dan sangat memuaskan dengan hasil ini,sekarang dunia internasional tahu bahwa batik berasal dari Indonesia.

~ by hadhiqriwel on December 14, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: